Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes

Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes

Bulan Ramadhan sudah di ambang mata. Bagi umat muslim, bulan ini tentu istimewa. Amalan-amalan ibadah ditingkatkan, janji pahala dari sang Pencipta dilipatgandakan. Salah satu ibadah yang menjadi ciri khas datangnya bulan Ramadhan adalah berpuasa selama sebulan penuh. Seluruh umat muslim diwajibkan melaksanakan ibadah ini. Bagaimana dengan penderita diabetes? Jangan khawatir, SehatPlus akan memberikan beberapa tips bagi penderita diabetes agar tetap bisa melaksanakan puasa dengan khusyu dan sehat.

Tips #1: Perhatikan Jadwal, Jumlah, dan Jenis Makanan
Pada dasarnya, penderita diabetes bisa tetap berpuasa jika kadar gula darah terkendali, kurang dari 180mg/dl. Demikian menurut Prof Dr dr Sri Hartini KS, Kariadi, SpPD-KEMD. Pada kondisi demikian, penderita diabetes sudah cukup aman dan sehat untuk berpuasa. Bila gula darah sudah berada pada posisi 60mg/dl atau bahkan kurang pada masa awal puasa, penderita harus segera membatalkannya. Agar kondisi gula darah tetap terkendali, perhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka. Kurangi konsumsi makanan berlemak dan perbanyak serat. Usahakan makan sesuai porsi biasa dan tidak berlebihan saat berbuka. Sangat disarankan untuk membagi jadwal makan saat berbuka, sepulang tarawih, dan saat sahur.

Tips #2: Perhatikan Asupan Air
Selain makanan, asupan air ke dalam tubuh juga perlu diperhatikan agar tidak terjadi dehidrasi. Penderita diabetes dengan kadar gula darah kurang dari 180mg/dl disarankan untuk tidak berpuasa sebab pada kondisi ini urin penderita mengandung banyak gula sehingga ia sering buang air kecil. Minum air dalam jumlah yang cukup membantu penderita mencegah terjadinya dehidrasi.

Tips #3: Kontrol Kadar Gula Darah Sebelum Berpuasa
Selain penderita yang memiliki kadar gula darah rendah, penderita yang mengalami peningkatan kadar gula menjadi 300mg/dl pun harus segera membatalkan puasanya. Pada kondisi ini, penderita mungkin bisa terkena ‘ketoasidosis’ atau darah menjadi asam. Jika penderita merasa sangat lapar, keluar keringat dingin, dan jantung mulai berdebar kencang, segera air gula atau makan makanan yang manis seperti permen dan kue.

Selain mengatur asupan makanan dan air, berolahraga juga tetap dianjurkan selama bulan Ramadhan. Olahraga ringan bisa dilakukan setelah sahur atau tarawih untuk menjaga agar tubuh tetap bugar. Selamat berpuasa!

 

Comments
  • Kukuh Satriya Wijaya Reply

    Wow.. informasi yang sangat bermanfaat… khususnya bagi diri dan keluarga saya.
    Semoga Puasa kita jadi Sehat Plus.. plus.. plus..

    Trims, Sehat Plus

  • ridhwan habibullah Reply

    puasa adalah ibadah yang banyak pahala disisi Allah. alangkah indahnya kalau puasa kita tidak pernah bolong dikarenakan kesehatan yang tidha baik. oleh karena itu didalam bulan pusa sangat disarankan untuk menjaga kesehatan kita dan sebaiknya kita mengkonsumsi suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan kita….. mudah-mudahan bulan yang penuh berkah ini bisa menjadi bulan yang rahmah,maghfirah, dan itkum minannar bg kita semua…

Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *