Menjaga Kesehatan Hati

Menjaga Kesehatan Hati

Apakah Anda pernah merasakan beberapa penyakit berikut ini: Kelelahan, gangguan pencernaan, depresi, kolesterol tinggi, alergi atau sensitive terhadap bahan kimia, ketidakseimbangan hormone, jerawat atau pusing? Jika jawaban kamu lebih dari satu, inilah saatnya untuk melakukan detoksifikasi dan meningkatkan kesehatan hati. Hati merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia yang memiliki berbagai fungsi kesehatan. Lima fungsi hati yang paling signifikan antara lain:

  • Detoksifikasi: Hati menjadi penyaring dari berbagai macam racun, bahan kimia dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh serta membersihkan hormone-hormon seperti oestrogen.
  • Menormalkan lemak darah: Hati bertanggung jawab menjaga jumlah kolesterol yang ada dalam darah dan membawa protein HDL LDL dan VLDL yang menjadi transportasi lemak darah di tubuh.
  • Menormalkan protein darah seperti albumin: Albumin mengatur volume darah sekaligus mengantarkan molekul-molekul nutrisi dalam tubuh.
  • Tempat penyimpanan glycogen: Tubuh kita menyimpan gula dalam bentuk glycogen. Jika kemampuan tubuh untuk menyimpan glukosa tidak memadai, gula darah rendah dan gejala hypoglycaemic akan terjadi.

Jika Anda punya akuarium tempat memelihara ikan, Anda pasti tahu apa yang akan terjadi pada akuarium tersebut jika Anda tidak membersihkan penyaringnya. Tidak rutin membersihkan filter akan menyebabkan akuarium menjadi kotor, ikan-ikan akan berenang di air kotor dan kesehatan ikan sendiri akan terganggu.

Skenario ini serupa dengan cara bekerja hati di dalam tubuh. Tidak memperhatikan kebersihan dan kesehatan hati akan membuat kita mudah sakit. Seperi telah disebutkan, salah satu fungsi hati adalah sebagai pembersih dan detoksifikasi dalam tubuh Jadi jika kita ingin terus sehat dan bisa tetap beraktivitas tanpa gangguan kesehatan, memang sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan hati. Dengan melakukan perubahan gaya hidup dan sedikit diet serta mengkonsumsi nutrisi herbal, Anda bisa mengembalikan fungsi hati serta meningkatkan kesehatan dan vitalitas Anda.

  • Hindari obat-obatan, rokok, alcohol, kafein, makanan cepat saji dan makanan yang mengandung bahan pengawet.
  • Hindari terekspos bahan-bahan kimia seperti pestisida, herbisida, organic solvents dan polycylic hydrocarbon (seperti daging yang dimasak dalam temperature yang sangat tinggi).
  • Mengkonsumsi kudapan yang mengandung karbohidrat kompleks (40 – 50% kalori), rendah lemak (30% kalori) dan protein (20 – 3-% kalori).
  • Meningkatkan asupan makanan yang menunjang fungsi hati seperti buah beet, artichoke, ubi jalar, bawang, bawang putih, sayuran berdaun hijau, apel dan lemon.
  • Hindari makanan yang bisa menyebabkan alergi
  • Makan makanan organic
  • Minum air putih bersih.

Sebelum melaksanakan ritual membersihan dan mengembalikan fungsi hati tersebut, disarankan untuk menemui dokter untuk berkonsultasi tentang kesehatan Anda.

Comments
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *