Manfaat Bersepeda

Manfaat Bersepeda

Dengan alasan peduli lingkungan, saat ini banyak bermunculan komunitas penggowes seperti bike to work, bike to campus bahkan bike to school. Pasalnya, bersepeda memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh.

Olahraga gowes ini merupakan cara yang efektif dan cukup murah untuk meraih kesehatan yang mahal harganya. Bersepeda tiap hari akan melatih jantung dan paru-paru sehingga kita bisa bernafas lebih panjang. Bersepeda juga melatih banyak otot di antaranya otot tungkai,  lengan, perut, dan punggung.

Masih belum percaya bersepeda membantu kita menjaga kesehatan yang mahal harganya? Rajin mengayuh sepeda membantu mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan, bersepeda dalam jarak pendek dan sering dilakukan akan mengurangi kematian kurang lebih 22%.

Ini dia manfaat-manfaat yang bisa kita peroleh dengan rajin mengayuh sepeda:

  1. 1. Membakar Kalori Tubuh

Berapa banyak kira-kira kalori yang dibakar? Rata-rata bersepeda selama 60 menit setiap hari akan membantu membakar 300-500 kalori tubuh. Lumayan, bukan? Namun, jumlah ini memang tidak sama untuk setiap orang karena tergantung pada berat tubuh dan kelebihan lemak yang dimiliki masing-masing orang.

  1. 2. Melatih Otot-Otot Tubuh

Tidak hanya otot kaki, tangan, dan perut, bersepeda juga diyakini dapat melatih otot-otot jantung. Saat berpacu di atas sepeda, denyut jantung turut berpacu sesuai usia dan kayuhan. Satu hal yang perlu dicermati, bagi Anda yang mengidap asma atau penyakit jantung, selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mulai bersepeda.

  1. 3. Ajang Relaksasi Tubuh

Banyak yang berpikir, berlatih dan berolahraga membuat tubuh lemas tak berdaya karena kelelahan. Asumsi ini tidak sepenuhnya benar. Berolahraga secara rutin justru membuat tubuh tetap segar bugar. Apalagi, peredaran darah akan semakin lancar sehingga oksigen dapat tersalurkan ke seluruh bagian tubuh dengan efektif. Rasa lelah umumnya muncul saat hari-hari pertama berolahraga saja. Jika sudah rutin bersepeda, otot malah akan semakin kuat dan badan pun segar bugar.

  1. 4. Mengatasi Sakit Punggung

Sakit punggung biasanya merupakan efek langsung dari kurangnya berolahraga. Piringan-piringan pada tulang punggung tidak mendapat pasokan nutrisi secara maksimum sehingga kemampuan piringan-piringan tadi menurun dan tidak sanggup menerima beban berat. Bersepeda membantu mengatasi ini, mengembalikan kemampuan piringan-piringan pada tulang punggung dan mengoptimalkan kembali suplai makanan. Otot besar pada punggung menjadi lebih kuat sehingga membantu kerja tulang belakang. Jadi, bersepeda membantu menstabilkan kinerja tulang punggung.

  1. 5. Menguatkan Persambungan Tulang Lutut

Nyeri lutut biasanya terjadi karena kerusakan pada tulang rawan. Tekanan berlebih pada lutut misalnya akibat jogging atau badan yang terlalu gemuk akan menghambat atau menolak pasokan nutrisi ke tulang rawan. Akibatnya, tulang rawan menjadi rusak. Awal kerusakan tulang lutut terjadi saat berbagai mineral berharga tidak bisa masuk ke dalamnya. Tulang rawan tidak dialiri darah sehingga mineral-mineral berharga itu tidak bisa masuk. Pergerakan pada persambungan lutut dapat mendorong nutrisi kepada tulang rawan. Dan bersepeda adalah salah satu cara olah raga yang paling sedikit membuat tekanan pada lutut serta cara terbaik untuk menguatkan tulang rawan.

Comments
  • pengen sehat Reply

    baiklah… “_”

Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *